MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
“FENY MUSTAFA”
DISUSUN OLEH:
Ervan Nugroho Prastyo (17532746)
PROGRAM STUDI
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAHPONOROGO
2018/2019
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Makalah ini disusun agar pembaca dapat lebih memahami tentang kewirausahaan. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Ponorogo, 25 November 2018
Kelmpok 2
DAFTAR ISI
SAMPUL
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan 1
BAB II PEMBAHASAN 2
A. Mengenal Feny mustafa 2
B. Awal karir feny mustafa 2
C. Alasan feny mustafa masuk dalam Industri feshion 4
D. Feny mustafa sosok di balik suksesnya shafira dan zoya 4
E. Tips feny mustafa dalam berwirausaha 7
F. Prestasi Feny mustafa 9
BAB III PENUTUP 10
A. Kesimpulan 10
DAFTAR PUSTAKA 11
Bab 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Menurut DRS. Joko Untoro kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.
Kewirausahaan sangat identik dengan pengusaha, kebanyakan para pengusaha merintis usahanya dari nol sampai mencapai titik kejayaannya atau kesuksesanya. Hal ini terjadi pula di Indonesia dan juga kalangan dunia Internasional. Tokoh-tokoh pengusaha sukses di indonesia yaitu seperti feny mustafa, dan di dunia Internasional seperti Soichiro Honda yang berasal dari jepang.
Feny mustafa merupakan seorang pengusaha muslim yang cukup terkenal di dunia feshion dalam negeri maupun luar negeri. Siapa sangka beliau ternyata terlahir dari keluarga yang sederhana. Di usianya yang masih muda keseharaianya adalah berjualan pakaian muslimah yang merupakan kesenanganya. Berkat ketekunanya sekarang beliau sudah menjadi salaha satu pengusaha muslim terkenal di indonesia dalam industri feshion.
1.2 Tujuan
1. Bagaimana jalan hidup tokoh sampai mencapai kesuksesanya.?
2. Bagaimana prinsip dan cara tokoh menacapai kesuksessannya?
1.3 Rumusan Masalah
1. Menginformasikan kepada khalayak luas terutama Pemuda agar mengetahui bagaimana seorang pengusaha menggapai kesuksesanya.
2. Membuat pembaca mampu mengamati dan mengambil hal positif dari perjalanan tokoh pengusaha sukses dalm menggapai kesusksesanya.
3. Mengarahkan pembaca untuk bersemangat dalam menggeluti bidang pengusaha atau entrepreneurship.
BAB II
PEMBAHASAN
A. MENGENAL FENY MUSTAFA
a. Masa muda feny mustafa
Fenny mustafa adalah salah satu pengusah muslim tersukses dalam industri feshion di indoesia. Tertarik akan fashion hijab adalah mutlak Bagi Feny Mustafa. sejak muda adalah satu kesenangan berjualan aneka pakaian muslimah. Sosok Feny menjelma menjadi desainer fashion muslimah. Kepekaan akan fakta bahwa wanita muslimah Indonesia masih dibatasi tumbuh. Langkah wanita 25 tahun (saat itu) jadi semakin mantap mengerjakan bisnis ini.
b. Alasan feny menggeluti bidang feshion
Visi-nya mulai jauh kedepan yakni mensyiarkan Islam dan mensuport wanita Indonesia berhijab. Ide awal itu ketika mengikuti kerohisan ITB. Dia prihatin akan wanita muslimah kesulitan berhijab. Waktu itu tentu belum banyak pilihan bagaimana mengenakan hijab yang baik. "Pada saat itu, jilbab tidak se- booming sekarang," kenang Feny.
Feny memang pandai bergaul. Tak ayal mampu menggaet perhatian banyak teman. Ketika ia membutuhkan modal awal maka disanalah teman. Mereka rela meminjamkan uang meski sendiri masih diberi orang tua. Ia lantas menekankan bahwa bisnis Shafira bukan atas dasar materi. Ini merupakan bentuk syiar dirinya lewat media fashionmuslimah.
B. AWAL KARIR FENY MUSTAFA
a. Karyawan Mepet
Modal mepet begitu pula karyawan hanya 1-2 karyawan. Feny mulai "meminjam" uang teman dan keluarga dari yang Rp.200 ribuan, sampai Rp.1 jutaan, hingga terkumpul Rp.12 juta. Uang tersebut Feny gunakan untuk membuka toko. Ia masih ingat betul bagaimana ibu maupun teman- teman patungan berbisnis. Hasilnya jadi berkah karena permintaan akan busana muslim terus meningkat. Hingga, ia memutuskan menyewa jasa profesional dibidang fashion. Mereka membantu Feny mewujudkan konsep Shafira lebih matang.
"Dengan bekal Bismillah, saya masih bisa menikmati hingga saat ini," sambungnya.
b. Ketekunan dalam berusaha
Ketekunan 25 tahun membawa keberkahan. Buah kesabaran itu terbayar lewat 24 gerai miliknya. Perjalanan terus berlanjut hingga lahir brandZoya yang punya 140 toko di seluruh Indonesia. Seperempat abad sudah dirinya fokus mengerjakan bisnis ini. Banyak hal tidak menyenangkan ketika menjalankan bisnis. Ia mengakui hal tersebut dan membutuhkan orang-orang terdekat.
Ia memberikan saran bagi pengusaha muda pakain muslim: Jangan berpikir manisnya saja ketika kamu akan memulai bisnis. Usahakan berpikir bagaimana terus menjalani usaha. Masalah terbesar dihadapi mungkin, ia menyebutkan tentang plagiator dan tren bisnis ikut-ikutan. Inilah mengapa brand miliknya selalu melakukan rangkain inovasi.
"Kita juga harus kreatif, jangan sampai loyo di tengah jalan. Karena, kalau kita sudah mentok nanti, koleksi kita akan ketinggalan zaman dan kurang diminati pasar," saran Feny Mustafa kepada pengusaha muda.
c. Kepercayaan
Bisnis busana muslim memang menjanjikan. Pasalnya hanya satu model bisnis saja, pengusaha bisa memiliki banyak varian produk, seperti hijab, busana, atasan-bawahan, dan aksesori pendukung lain. Saran lain adalah kepekaan akan tren dan minat pasar.
Moto bisnis Feny tersirat adalah kepercayaan. Antara dirinya sebagai pengusaha serta pegawai dibawah satu manajemen. Karyawan dipastikan tahu berapa untuk perusahaan dan berapa bagian mereka. Semua jelas ia jabarkan hingga karyawan tidak masalah. Pengelolaan Shafira dan Zoya kini telah dipegang oleh tangan-tangan muda para eksekutif muda.
Meski begitu, Fany tidak lepas tangan, bahkan memberikan pelajaran akan pengalaman. Ia juga masih aktif berkeliling Eropa, khususnya Paris, Amerika Serikat, tujuannya melihat tren busana dunia. Dia masih melihat menjadikan mereka barometer perkembangan bisnis Shafira dan Zoya.
Ibu dua anak ini juga membidik pasar dunia maya lewat toko onlinewww.zoya.co.id. Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya. Tepat menggambarkan perjalanan wanita ini tentang keluarganya kini. Ia menjelaskan anak keduanya mulai memperlihatkan bakat bisnis. Si anak bungsu tertarik mengerjakan bisnis seperti bundanya. Padahal Feny tidak secara khusus meminta mengikuti jejaknya.
C. Alasan Feny mustafa masuk dalam industri feshion
Awal mula Feny Mustafa mendirikan Shafira lantaran merasa miris dengan kondisi kaum Muslimah di Indonesia yang tidak diberi keleluasaan memakai hijab. Itu pada 25 tahun lalu.
Visi-nya mulai jauh kedepan yakni mensyiarkan Islam dan mensuport wanita Indonesia berhijab. Ide awal itu ketika mengikuti kerohisan ITB. Dia prihatin akan wanita muslimah kesulitan berhijab. Waktu itu tentu belum banyak pilihan bagaimana mengenakan hijab yang baik. "Pada saat itu, jilbab tidak se- booming sekarang," kenang Feny.
Feny memang pandai bergaul. Tak ayal mampu menggaet perhatian banyak teman. Ketika ia membutuhkan modal awal maka disanalah teman. Mereka rela meminjamkan uang meski sendiri masih diberi orang tua. Ia lantas menekankan bahwa bisnis Shafira bukan atas dasar materi. Ini merupakan bentuk syiar dirinya lewat media fashionmuslimah.
Momentum Shafira dinilai tepat merespon keresahan masyarakat. Alhasil, bisnis Feny bisa melejit, akhirnya bisa membesar dan membuka lapangan kerja baru.
D. Feny mustafa dibalik suksesnya “shafira dan zoya”
a. Mengenal Shafira dan Zoya
SHAFIRA
Awal dari rumah mode shafira adalah sebuah sanggar busana muslimah yang didirikan di bandung pada tanggal 8 januari 1989 di jl. ir. h. juanda no. 52 lt. ii. shafira dirintis oleh feny mustafa.
Nama shafira diilhami dari makna yang terkandung dalam kata “shaf” yang banyak dijumpai di dinding masjid dan berarti barisan. dalam penafisiran yang lebih kini, shaf juga berarti organisasi. dari ini semua shafira mengukir sebuah impian untuk menjadi sebuah organisasi bisnis yang besar, kuat dan sehat dengan mensinergikan kekuatan-kekuatan individu di dalamnya.
Dalam perkembangannya, shafira mendapat dukungan positif dari masyarakat, dan seiring dengan itu mulailah dibuka toko-toko di luar kota bandung. hingga saat ini alhamdulillah shafira telah memiliki 22 showroom yang tersebar di medan, pekan baru, palembang, jakarta, bogor, bandung, cirebon,surabaya, malang, jember, banjarmasin, balikpapan, samarinda, makasar.
Dalam perjalanannya shafira tidak pula imun terhadap badai yang bernama krisis ekonomi. walaupun harus dilewati dengan penuh perjuangan shafira berhasil melewati krisis demi krisis melalui pendekatan-pendekatan yang strategis, bahkan terkadang sangat tactical. alhamdulillah shafira bisa bertahan dan membesar hingga mencapai usianya yang ke-21 tahun.
Deiring perkembangannya, shafira berusaha konsisten untuk tidak melupakan salah satu unsur misi bisnisnya, yaitu corporate social responsibility (csr). Shafira juga meluncurkan beberapa program tahunan csr yang telah dilakukan:
1. pembagian seribu laptop untuk guru-guru di desa terpencil.
2. pemberian beasiswa kepada anak karyawan yang berprestasi.
3. santunan yang dilakukan melalui yayasan amal (amal foundation).
4. pemberian bantuan berkala ke lembaga-lembaga sosial terdekat.
5. pemberian bantuan spontan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana.
insya allah, semakin besar shafira, semakin banyak yang dapat kami sumbangkan ke masyarakat luas serta bangsa indonesia secara umum!
Zoya
zoya adalah sebuah brand hasil transformasi rumah kerudung dan baju lamara yang berisikan brand seperti zoya, personal scarf, sajeeda dan mahsya. bila sebelumnya berkonsep house of brands (rumah dengan beberapa merek busana), kini zoya berkonsep brand house!
zoya hadir dengan produk unggulan kerudung, namun juga menyediakan busana, bergo, asesoris hingga perlengkapan ibadah. hadirnya zoya juga merupakan jawaban kepada setiap wanita muslimah indonesia yang ingin tampil lebih pas untuk cantiknya.
bisnis zoya yang semakin berkembang, terdiri dari tiga pilar utama, yaitu retail (melalui own store), keagenan dan distribusi sampai pada model bisnis toko jaringan. kini zoya telah memiliki lebih dari seratus cabang yang tersebar di seluruh indonesia.
penetrasi zoya yang luar biasa terlahir berkat dorongan motivasi serta kerja keras dari seluruh timnya. sebuah mimpi \’indonesia berzoya\’ adalah pemacu semangat zoya untuk semakin mengekspansi pasarnya yang sangat luas. serta partisipasi saling menguntungkan serta motif promosi yang agresif, menjadikan brand zoya begitu melekat di berbagai kalangan masyarakat.
produk zoya pun telah dipercaya oleh para bintang sinetron ternama dalam beberapa film dan produk sinema elektronik ber-rating tinggi di beberapa stasiun televisi swasta terkemuka di tanah air.
sejak tahun 2010, koleksi zoya tampil di sinetron kenamaan seperti para pencari tuhan 4 dan ketika cinta bertasbih 2. serta sinetron sejuta umat seperti cinta fitri season 6. perjalanan zoya di tahun 2012 ini pun akan semakin agresif dan positif. maka bersiaplah dengan berbagai koleksi-koleksi indah zoya di tahun 2012 ini. dan selamat datang di website zoya.co.id, saatnya kini anda semakin mengenal zoya dan berbelanja secara online di sini.
b. Alasan feny mustafa mendirikan shafira dan zoya
Awal mula Feny Mustafa mendirikan Shafira lantaran merasa miris dengan kondisi kaum Muslimah di Indonesia yang tidak diberi keleluasaan memakai hijab. Itu pada 25 tahun lalu. Shafira kemudian memiliki visi mensyiarkan Islam dan mendorong para Musliman untuk mudah berhijab.
Akhirnya, impian dan niat tulus Feny direspons baik oleh masyarakat. Sampai saat ini, Muslimah yang memakai jilbab mengalami peningkatan. Menurutnya, ini merupakan keberkahan dan menunjukkan bahwa perempuan berhijab bisa tampil stylist di manapun.
“Ide awalnya saya itu dulu ikut kerohisan di ITB, saya merasa prihatin dengan kondisi perempuan yang kesulitan memakai jilbab. Pada saat itu, jilbab tidak se-boomingsekarang. Lambat laun mereka memberikan respons positif untuk label saya, Alhamdulillah sekarang saya melihat banyak perempuan berjilbab,” katanya saat berkunjung ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.
Dia mengakui awal mula didirikannya Shafira bukan atas dasar bisnis, melainkan syiar Islam. Gayung bersambut dan momen yang tepat pada saat itu, akhirnya bisnis Shafira melejit sampai sekarang.
“Momennya tepat pada saat itu, banyak orang yang aware dan menginginkan busana Muslim, langsung saya bikin Shafira. Kemudian, saya melihat ini bisnis yang baik dan dapat memberikan lapangan kerja untuk semua orang,” ujarnya.
Banyaknya permintaan pasar membuat Shafira semakin mantap menjalankan bisnis busana Muslim. Hingga akhirnya, dia menyewa para profesional di bidang bisnis untuk dapat membantunya mengembangkan Shafira yang telah dirintis sejak 25 tahun lalu.
“Responnya semakin membaik, akhirnya saya menyewa tenaga profesional untuk membantu saya membangun bisnis ini. Dengan bekal Bismillah, saya masih bisa menikmati hingga saat ini,” tutupnya.
Seperti yang diketahui, bahwa Shafira merupakan pelopor busana muslim di Indonesia, namanya kian berkibar dan memiliki sejumlah anak perusahaan yang masih di bidang bisnis busana muslim. Feny Mustafa sangat bersyukur dan berterimakasih kepada masyarakat telah mempercayakan Shafira sebagai produk busana muslim berkualitas.
Awal mulanya itu 27 tahun lalu, jadi tahun 1989 di bulan Januari awalnya Shafira lahir di Bandung dengan satu tokonya, lalu kita ke Jakarta untuk mempelajari desain dengan desainer senior, dengan APPMI, terus kita jadi semakin tahu dan berilmu, baru setelah itu Shafira dibentuk untuk bisnis yang lebih profesional lagi.
Tantangannya sendiri itu justru dari diri saya sendiri karena keinginan saya itu berbeda dengan yang lain, berbeda dengan desainer yang lain. Kalau yang lain kan selalu ingin fashionshow, punya boutique di Jakarta. Nah, kalau keinginan saya adalah bagaimana caranya agar busana muslim ini bisa secara keseluruhan ada di kota besar dan kecil di Indonesia. Itu kita berarti kan untuk bisa berjualan dibanyak tempat showroom-nya juga harus banyak.
Kalau ditanya mengapa, pada saat itu saya berpikir agar masyarakat ‘melek’ fesyen terutama busana muslim, saat itu busana muslim kan masih langka ya, orang biasanya pakai busana biasa. Jadi, bagaimana ini bisa sampai ke daerah, makanya kita bikin Shafira di kota besar, dan kota kecil juga butuh, lantas di kota-kota kecil kita buat Zoya, sekira 10 tahun lalu, yang secara harga juga jauh lebih terjangkau.
Ketika membuat Zoya, kita juga membuat program waralaba di mana bertujuan untuk membuat ekonomi berjamaah jadi menggandeng mitra waralaba yang kami sebut mitra Zoya untuk tumbuh bersama-sama dan rezekinya juga untuk sama-sama dan alhamdulillah sekarang Zoya dan Mezora sudah sampai ke daerah-daerah.
E. Tips feny mustafa dalam berwira usaha
Beberapa wanita dan pria muda sudah mulai menjalani usaha mereka. Bahkan beberapa di antaranya telah meraup keuntungan dari bisnis yang kini sedang dijalani. Saat baru memulai usaha, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya soal pengaturan keuangan. Menurut pendiri PT Shafco Multi Trading yang memayungi brandZoya, Shafira, Mezora, serta Encyclo, Feny Mustafa, pengaturan keuangan adalah hal yang krusial untuk kelanjutan suatu usaha. Selain itu ada juga poin penting lain yang perlu diketahui oleh pengusaha baru. Berikut tipsnya:
1. Jalani Bisnis yang Disukai
Menurut Feny, sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya pastikan bisnis yang dijalani memang Anda sukai. Akan lebih baik lagi bila bisnis tersebut sesuai dengan passion Anda. Ketika menjalani bisnis yang sesuai minat maka Anda akan merasa senang saat menjalaninya bukan terpaksa.
"Pertama kita harus senang dulu dengan apa yang kita kerjakan. Kita harus senang dengan pekerjaan kita kalau nggak susah akan berjalan," jelas Feny saat berbincang dengan Wolipop akhir pekan lalu di Grand Launching Hijab Factory, Jl. Pelajar Pejuang, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat.
2. Pengaturan Keuangan
Ini yang sangat ditekankan oleh Feny. Wanita yang sudah 27 tahun menjalani bisnis hijab itu mengatakan bahwa banyak pengusaha yang gagal diawal karena tidak bisa mengatur keuangan mereka dengan baik. Baru untung sedikit sudah terlanjur nafsu ingin dibelanjakan barang-barang berharga. Bahkan beberapa orang memakai seluruh keuntungannya untuk memenuhi barang pribadi. Feny menegaskan agar bisa mengatur keuntungan dengan baik.
"Banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) itu kurang tertib mengelola keuangannya. Padahal untung baru Rp 10 ribu misalnya, jika ingin dipakai maksimal hanya boleh setengahnya. Banyak pengusaha baru tapi inginnya cepat kaya. Lebih baik pikirkan bagaimana supaya perusahaan bisa tumbuh cepat, bagaimana uang diputar lagi untuk meningkatkan bisnis, jangan baru-baru sudah ingin beli mobil, rumah," saran Feny.
3. Punya Tim yang Profesional
Setelah usaha berkembang, Anda tentu tidak lagi bekerja sendiri. Membangun tim juga tidak mudah. Feny mengatakan bila ingin bisnis berkembang pesat harus punya tim yang profesional. Anda juga harus percaya kepada karyawan sendiri namun tetap bersikap profesional saat mereka melakukan kesalahan. Percaya pada karyawan bukan berarti Anda menyerahkan semuanya tanpa tahu apa-apa, tapi tetap mengawasi bisnis yang Anda kembangkan.
4. Selalu Update
Meskipun bisnis sudah semakin maju, Anda perlu inovasi agar tak kalah saing dengan kompetitor. Penting untuk melakukan pengembangan produk agar selalu update. "Kita juga harus update terus ilmu bisnisnya, ilmu produknya, pengembangan produknya seperti apa, agar terus berkembang bisnisnya," tambahnya.
5. Kualitas
Seiring perkembangan zaman dan teknologi tentu kualitas produk juga harus ditingkatkan. Tak hanya produknya yang terus mengikuti pasar tapi kualitasnya tidak ditingkatkan malah terkean menurun. Oleh sebab itu penting bagi pengusaha selalu meningkatkan kualitas produknya.
F. Prestasi yang pernah di raih feny mustafa
1. PR AWARD (Pikiran Rakyat) 2011
Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke 45, Pikiran Rakyat menyelenggarakan penghargaan “Pikiran Rakyat (PR) Award”.
Penghargaan ini di adakan kaena Pikiran Rakyat merasa terpanggil untuk memberikann apresiasi kepada pelaku bisnis yang sukses. Penghargaan ini di selenggarakan di Hotel Aston Bandung pada 24 Maret 2011. Di ajang bergensi tersebut Feny mustafa, selaku founder dan komisaris utama dari PT. Shafira laras persada terpilih sebagai finalis dari nominasi perintis usaha betsama saung ujo dan cipaganti travel.
2.Brand muslim pertama yang menggelar feshion show di museum swarovski
Fashion show tersebut di gelar di swarovski Australia pada 17 mei 2016. Dan menjadi brand muslim pertama yang menyelenggarakan fashion show di museum tersebut.
3.Top brand award 2015 dan 2016
Shafira corforation mendapat penghargaan top brand Award pada tahun 2015 dan 2016 untuk kategori kerudung bermerk. Dan tentunya masih banyak lagi penghargaan yang di raih oleh seorang feny mustafa.
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN
Dari apa yang telah kami paparkan di atas, maka kami dapat menarik kesimpulan bahwa kewirausahaan adalah proses menciptakau sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan proses yang harus dilalui dengan kesabaran dan kerja keras seperti apa yang telah kami kutib dari kisah seorang feshioner feny mustafa, usaha dan kerja keras beliau telah menjadi pelajaran bagi kami yang seorang wirausahawan pemula.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.co.id/amp/s/m.liputan6.com/amp/2193737/kisah-sukses-feny-mustafa-bangun-brand-shafira-dan-zoya
https://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/feny-mustafa-sosok-dibalik-suksesnya-shafira-dan-zoya
http://www.shafirafoundation.org/teams/fenny-mustafa/
http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com/2013/12/fenny-mustafa-hadirkan-brand-busana.html?m=1
https://biografi-pengusaha.blogspot.com/2015/11/kisah-pencetus-shafira-zoya.html?m=1
Detik.com
Liputan6.com
Sunday, December 16, 2018
Makalah kwu enterpreuner muslim indonesia
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment